Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto saya
simple me, fun, fat (berharap bsa cepet kurus)


Rabu, 21 September 2011

Gemericik Air Menyejukkan Ruang

 
Air dapat menciptakan kenyamanan termal di dalam ruang.

Di dalam alam bawah sadar, manusia senantiasa ingin dekat dengan air, karena sekitar 70 persen tubuh kita mengandung air selain sebagai bentuk ekspresi kedekatan dengan alam semesta. Jangan heran banyak orang memimpikan punya rumah dekat atau memiliki view ke arah sungai, tepi danau, hingga tepi laut. Ketika hunian ideal itu tak mungkin didapat di kota yang padat, atau harganya sudah sangat mahal, orang pun berupaya memindahkan atau membawa air ke dalam rumah.
   
Kenyamanan thermal
Air berdampak secara psikis dan fisik untuk menciptakan kenyamanan termal (thermal comfort), sehingga manusia dapat beraktifitas dengan baik. Produktifitas cenderung menurun atau tidak maksimum pada kondisi udara yang tidak nyaman. Hasil penelitian menunjukkan, mereka yang tinggal di kawasan tropis dapat mencapai tingkat nyaman pada suhu 23,4 hingga 29,4 derajat celcius dengan kelembaban 30 - 70 persen.
“Jadi, fungsi atau efek penambahan elemen air di dalam rumah tinggal, adalah  upaya menghadirkan kenyamanan termal bagi pengguna ruangan. Proses penguapan air (evaporasi) adalah hal yang diinginkan sehingga tercapai pendinginan secara alami. Air bertindak sebagai elemen stabilitator suhu dalam ruangan,” kata John F Papilaya, arsitek lansekap lulusan Universitas Trisakti (Jakarta).
Selain itu elemen air di dalam ruang juga bisa berfungsi mengabsorsi polusi bunyi dan polusi debu yang ada di sekitarnya. Antara lain melalui proses menghadirkan bunyi air sebagai penetralisir suara dari luar, atau dengan membuat dinding air (screen water) untuk menghalangi debu masuk.

Desain dan potensi air
Menghadirkan elemen air perlu didesain dengan baik untuk menimbulkan kesan estetika makro (lingkungan) dan mikro (ruangan). Ada banyak potensi air yang bisa dieksplorasi, mulai dari bunyi, gerak, plastisitas, dan reflektifitas. Potensi-potensi air itu dapat dioptimalkan dalam rancangan water feature dengan memanfaatkan daya gravitasi dan unsur tekanan (apllied pressure).
Bentuk-bentuk water feature bisa dikembangkan sesuai kreatifitas desainer  lansekap dan pemilik. Beberapa dasar elemen komposisi air, di antaranya sebagai bingkai (frame) dari sebuah bentukan komposisi desain, sebagai aliran kanal atau sungai buatan,  bentukan alami kolam, danau atau air terjun, air mancur yang bersifat teatrikal hingga bentukan yang lebih kontemporer dengan memadukan unsur-unsur artwork, aksentuasi (focal point) dan cascade. Beberapa desain juga dapat diselaraskan dengan hobi penghuni, misalnya menggabungkan air terjun dengan kolam ikan.

Pertimbangan Water Feature
Sebelum merencanakan water feature di dalam rumah tinggal, sebaiknya pertimbangkan dulu hal-hal berikut:

Klimatologi. Yaitu faktor iklim menyangkut suhu udara, suhu radiasi rata-rata, kelembaban relatif, kecepatan dan arah angin serta arah datangnya sinar matahari, yang sangat berpengaruh terhadap tata letak elemen air dan pilihan desain.

Efek air. Air yang bergerak dan yang tidak bergerak memberi efek yang berbeda bagi ruangan. Untuk air yang dihadirkan mengalir sebaiknya diperhitungkan efek suara yang ditimbulkannya. Kalau terlalu mendominasi, untuk ruang berukuran kecil bisa malah mengganggu.

Teknis. Perhatikan skala, arah matahari dan material. Perkirakan dengan tepat ukuran dan model water feature  yang akan ditempatkan dengan luas ruangan. Misalnya, Anda bisa memilih jenis air terjun dinding untuk menghemat tempat di ruangan yang tidak terlalu luas. Material untuk water feature bisa beraneka mulai dari batu alam, keramik, dan lain-lain, yang dicocokkan dengan gaya interior atau arsitektur rumah serta kemudahan perawatannya.

Budget. Hitung dengan cermat biaya pembuatan water feature, pengoperasiannya sehari-hari dan perawatannya secara berkala. Water feature berupa air terjun misalnya, semakin besar ukurannya, semakin besar daya pompa yang dibutuhkan, dan makin mahal biaya listrik yang harus dikeluarkan.

Psikologis. Kebutuhan water feature di rumah sebaiknya dikomunikasikan juga dengan anggota keluarga. Pasalnya, ada orang yang mengalami gangguan psikis terhadap air, seperti seakan mau ke WC jika mendengar suara air. Ada juga yang tidak bisa tertidur jika mendengar suara air.



Share To Your Friends

0 komentar:

Posting Komentar

 
cara menambah+ukuran+penis

plurk



Gie_Aff Copyright © 2009. Template created by Nadiar supported by Cara Beriklan di Internet